Kamis, 02 Desember 2010

sejarah kerajaan islam di indonesia

Nama : Umi farida
Kelas : XI IPA 3
No    : 38
Kerajaan Islam di Sulawesi
Di Sulawesi terdapat beberapa kerajaan di antaranya: Gowa Tallo, Bone, Wajo, Soppeng, dan Luwu. Kerajaan Gowa Tallo merupakan kerajaan kembar yang saling berbatasan dan terletak di semenanjung Sulawesi dan merupakan daerah strategis.
Sejak Gowa Tallo sebagai pusat perdagangan laut, kerajaan ini menjalin hubungan dengan Ternate yang sudah menerima Islam dari Gresik. Raja Ternate yakni Baabullah mengajak raja Gowa Tallo untuk masuk Islam, tapi gagal. Baru pada masa Raja Datu Ri Bandang datang ke Kerajaan Gowa Tallo agama Islam mulai masuk ke kerajaan ini.


Setahun kemudian hampir seluruh penduduk Gowa Tallo memeluk Islam. Mubaligh yang berjasa menyebarkan Islam adalah Abdul Qodir Khotib Tunggal yang berasal dari Minangkabau.
Raja Gowa Tallo sangat besar perannya dalam menyebarkan Islam, sehingga bukan rakyat saja yang memeluk Islam tapi kerajaan-kerajaan disekitarnya juga menerima Islam, seperti Luwu, Wajo, Soppeg, dan Bone. Wajo menerima Islam tahun 1610 M. Raja Bone pertama yang menerima Islam bergelar Sultan Adam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar